Paket Tour Murah & Tips saat melakukan Solo Travelling

  • by

Paket Tour Murah – Traveling biasanya dilakukan dengan tujuan untuk melakukan refreshing dari aktivitas harian seseorang seperti bekerja dan bersekolah. Berlibur tidak lagi menjadi kebutuhan sekunder ataupun tersier bagi orang – orang namun juga menjadi kebutuhan primer yang harus terpenuhi. Kegiatan traveling umumnya dilakukan dengan berkelompok namun ada juga yang memilih untuk melakukan traveling secara individu atau biasa disebut solo traveling. Bagi sebagian orang, solo traveling lebih menyenangkan karena kita tidak dibatasi oleh rencana orang lain dan dapat menentukan kemana kita akan bepergian secara bebas.

Melakukan solo traveling bisa membuat mu jadi lebih percaya diri, melatih diri menjadi mandiri, dan menambah wawasanmu. Meskipun begitu, masih ada orang – orang yang ragu untuk mencoba solo traveling. Alasannya beragam, ada yang takut pergi sendirian, takut bertemu orang jahat, atau takut tersesat di daerah tujuan. Jangan takut, lakukan tips dan saat solo traveling bagi pemula agar perjalananmu aman dan terasa lebih menyenangkan.

Baca Juga : Paket Tour Murah Bali

  1. Melakukan Riset

Sebelum melakukan solo traveling sebaiknya kamu melakukan riset untuk mencari tahu tentang daerah atau negara yang akan kamu kunjungi nanti. Kamu bisa melakukan riset kecil – kecilan dan sederhana dengan mengunjungi blog para traveler  atau mengikuti forum diskusi umum tentang traveling dan wisata. Disana kamu akan mendapatkan informasi yang lengkap dan detail dari orang – orang yang sudah berpengalaman. Salah satu informasi yang bisa kamu cari adalah biro perjalanan mana yang menyediakan paket tour murah maupun luar negeri atau hotel mana yang memiliki tempat strategis didaerah tujuan wisatamu.

2. Membuat Itinerary dan Budget

Setelah melakukan riset dan memilih dimana kamu akan berwisata, langkah selanjutnya adalah membuat itinerary. Itinerary adalah jadwal kegiatan kamu selama berlibur nanti. Di dalam itinerary yang kamu rancang harus memiliki daftar destinasi, jadwal kegiatan perhari, transportasi yang akan kamu gunakan, dan dimana kamu akan menginap. Dalam membuat itinerary dan menyiapkan budget yang diperlukan kamu bisa berpatokan pada rekomendasi orang – orang tentang paket tour mura yang kamu temukan di blog – blog traveler maupun forum perjalanan wisata.

3. Memilih biro perjalanan

Selain paket wisata kelompok, biro perjalanan wisata juga menyediakan paket tour individu. Umumnya paket tour individu yang disediakan oleh agen perjalanan hanya mencakup  tempat wisata, makan siang dan malam, pemandu wisata, transportasi dan hotel tempat kamu menginap nanti. Pilihlah biro perjalanan sesuai budget mu yang menyediakan paket tour murah apabila kamu memilih untuk berwisata di Indonesia begitu juga sebaliknya.

4. Light Packing

Tips lainnya sebelum melakukan solo traveling adalah dengan membawa beban seringan mungkin. Karena kamu akan bepergian sendiri, ada baiknya untuk tidak membawa barang bawaan yang berlebihan agar tidak menyusahkan diri sendiri nantinya. Kamu tidak perlu membawa baju berlebihan karena biasanya penginapan memiliki fasilitas mesin cuci untuk wisatawan sehingga kamu bisa mencuci bajumu dan menggunakannya kembali.

5. Simpan uang dan dokumen penting ditempat yang aman

Simpanlah uang dan dokumen penting ditempat yang aman. Tip ini berguna untuk berjaga – jaga seandainya kamu kehilangan uang dan dokumen penting tersebut. Kamu bisa menyimpan uangmu dibeberapa tempat seperti case ponselmu, di dompet, atau di koper yang kamu tinggal dipenginapan. Buatlah salinan dokumen – dokumen penting seperti paspor, data diri, dan bukti pemesanan tiket kemudian simpanlah ditempat yang terpisah dengan dokumen aslinya. Selain itu kamu dapat menyimpan salinan dokumen penting di email atau penyimpanan lain seperti Dropbox, One Drive, atau Google Drive dalam bentuk soft copy.

6. Pelajari kalimat – kalimat penting dalam bahasa lokal

Mempelajari kalimat – kalimat penting dalam bahasa lokal juga bisa membantu kamu selama kegiatan berliburmu di suatu daerah atau negara. Kalimat penting yang bisa kamu hafalkan diantaranya adalah cara menyapa, meminta maaf, dan berterima kasih dalam bahasa lokal. Walaupun kamu melakukan traveling di Indonesia, ada beberapa daerah yang penduduknya hanya berkomunikasi dengan bahasa daerah.

7. Mencatat nomer –  nomer penting

Mencatat nomer – nomer penting seperti nomer telepon polisi, pemadam kebakaran, dan ambulance. Mencatat nomer penting diatas dilakukan untuk berjaga – jaga apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan sehingga kamu bisa dengan cepat menghubungi pihak terkait untuk membantumu apabila terjadi sesuatu yang tidak terduga selama perjalananmu.

8. Jangan memberitahu orang asing kalau kamu sendirian

Tips lainnya selama kamu melakukan solo traveling adalah jangan memberitahu orang asing kalau kamu sedang bepergian sendirian. Sebaiknya kamu mengatakan kepada orang lain kalau kamu akan menemui temanmu atau keluargamu ditempat yang akan kamu tuju.

9. Jangan memperlihatkan barang berharga

Penting untuk diingat bahwa kejahatan dapat terjadi kapanpun dan dimanapun. Karena itu jangan terlalu sering memperlihatkan barang – barang berharga seperti handphone, jam tangan, perhiasan, kamera, dan benda – benda mahal lainnya ditempat umum. Keluarkanlah barang – barang tersebut saat benar – benar diperlukan.

10. Selalu memberi kabar kepada keluarga atau orang terdekatmu

Tips terakhir adalah dengan selalu rutin memberi kabar dan lokasi terakhir dimana kamu berada kepada keluarga atau orang terdekatmu. Kamu juga bisa memberikan rencana dan jadwal kegiatanmu pada mereka. Hal ini penting untuk dilakukan agar orang – orang terdekatmu tidak khawatir. Selain itu, apabila terjadi sesuatu mereka akan mudah melacak keberadaanmu dan memberikan pertolongan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *